TUGAS PENGANTAR ILMU SOSIAL

Tugas
pengantar ilmu sosial
Dosen Pengampu :Yusriyanto sholeh,M.Pd




Di Susun Oleh:
Aisyatur robiah           : 1622211006


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN AJARAN 2016/2017






Pertemuan 1 : Selasa 26september 2017
Kontrak kuliah
Pertemuan 2 : Selasa 03 oktober 2017
TUGAS RESUME
HAKIKAT ILMU
Dasar epitimologis ilmu ( ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui proses metode keilmuan).
Rasionalisme” Ide kebenaran yang menjadi pengetahuan di peroleh dari logika
Empirisme” pengetahuan dapat mealui pengalaman
metode keilmuan” gabungan dari Rasionalisme dan Empirisme,ide sesorang di uji kebenarannya dilapangan.
                        Dasar  aksiologi ilmu
Ada ilmu,manusia itu ada sifat (buruk/baik)
                        Struktur dan peranan ilmu
Fakta (kenyataan)
Konsep (rancangan)
Generalisasi (hubungan/dua konsep dijadikan satu
Teori ( sebuah pendapat /  asumsi yang sudah di uji


TIDAK ada tugas

Pertemuan 3 : selasa 10 oktober 2017
Diisi ibu ika lis mariatun membahas tentang ruang lingkup sosial





Pertemuan 4 : selasa 17 Oktober 2017
RESUME
KONSEP DAN HAKIKAT PEMBELAJARAN IPS
Pengertian IPS
adalah  bahan kajian yang terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep dan keterampilan-keterampilan sejarah,geografis,sosiologi,antropologi,dan ekonomi.
Prinsip IPS
Integrasidaninterelasidariberbagaicabangilmu-ilmusosialdalammenelaahgejaladanmasalahsosial yang terjadi di masyarakat
Realitasdanfenomenasosial yang dirumuskan/diorganisasikandenganpendekataninterdisiplinerdariaspekdancabang-cabang
Tujuan pembelajaran IPS
v  Membentukpesertadidik
o   Menjadiwarganegara yang baik
o   Mampuberfikiruntukmemahami, menyikapi, beradaptasi, danmemecahkanmasalahsosial
o   Memahami, mewarisidanmengembangkankebudayaanbangsa Indonesia
v  KompetensiDasar: Pernyataan minimal tentangPengetahuan,ketrampilan, sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah siswa  menyelesaikan suatu aspek atau sub aspek mata pelajaran tertentu
Soal:
1.      Apa perbedaan pembelajaran ekspository Vs inquiry,  yang paling gampang  di terapkan dimadura?
2.      Apa pengertian kelas Dominatif  Vs kelas Integratif ?
Jawab
1.      Pembelajaran ekspository adalah metode pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal.
Pembelajaran inquiry merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
Perbedaannya pembelajaran ekspository dan pembelajaran inquiry I yaitu:
Ekspository : metode pembelajarannya menekankan dan proses penyampaiannya secara verbal, dan siswanya agar bisa menguasai materi pelajaran secara optimal
Inquiry : metode pembelajarannya tidak di berikan secara langsung dan siswanya berperan mencari dan menemukan sendiri pelajaran , sedangkan gurunya berperan sebagai pembingbimh siswa untuk belajar.
2.      Dominatif  Vs integratif
Dominatif Berkaitan dengan posisi guru sebagai sumber kebenaran, yang dipandang maha tau, tokoh penentu benar salah, dalam hal ini murid dianggap sebagai makhluk yang senantiasa harus dibimbing dan diarahkan oleh guru. Sebaliknya integratif berkaitan dengan posisi guru sebagai sumber motivasi dan inspirasi bagi peserta didik, tidak diskriminatif apapun latar belakang peserta didik, dalam hal murid didorong untuk mencari sendiri pengetahuan dan kebenarannya.















Pertemuan 5 :Selasa 24 oktober 2017
TUGAS RESUME
MANUSIA RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL
1.      Manu(sansekerta)= berakal budi/pekerti
2.      Manusia adalah ciptaan Allah  SWT yang paling sempurna
MASALAH-MASALAH SOSIAL
Yang termasuk faktor psikologis yaitu:
Faktor ekonomi
*      Kemiskinan
*      Pengangguran
Faktor  budaya
*      Perceraian
*      Kenakalan  remaja
Faktor  biologis
*      Keracunan 
*      Penyakit   menular
Hakikat  hidup  manusia
1.      Mahluk tuhan
2.      Makhluk individu
3.      Makhluk sosial buday
SOAL:
1.      Berikan 3 contoh fenomina sosial yang anda alami sendiri dan dikaitkan dengan ilmu sosial ?
2.      Setelah anda melihat video tersebut, apakah yang bisa anda simpulkan ? jelaskan apakah anda pernah mengalami fenomena seperti di video tersebut ? jelaskan
Jawab
1.       
a.       Hari ini Saya berangkat kuliah naik bus mini, didalam bus tersebut saya berinteraksi dengan orang-orang yang sebelumnya tidak saya kenal, salah satu penumpang bus tersebut berasal dari kabupaten pamekasan dia menceritakan asal usul kabupaten pamekasan.
b.      Setiap hari senin jadwal kuliah saya sampai jam 13.00 siang, keadaan tersebut memaksa saya pulang walaupun cuacanya sangat panas perjalanan dari kampus ke rumah saya menghabiskan berkisar 1 jam dengan ongkos Rp.5000;
c.       Suatu liburan semester saya pergi kebali menemui saudara di sana berbeda dengan di madura cuaca di bali lebih dingin dan lebih sejuk di bandingkan dengan madura.
2.      Seorang ibu yang berusaha untuk membahagiakan anaknya dengan cara memberi apa yang dia punya, dan sang ibu rela hidup dengan sendirinya tanpa anaknya. Dan di kemudian hari anak tersebut menemui ibunya dan meminta pertolongan untuk membangun rumah tangga nya sendiri dan pergi meninggalkan ibunya lagi, sekian lama anak tersebut kembali lagi untuk kembali bersama ibu sampai dia sama kembali, dan kata si anak lindungilah dia semasa diamelindungiku sejak kecilnya.
Dan saya tidak ada fenomena tersebut, terimakasih


















Pertemuan 6 : Selasa 31 oktober 2017
TUGAS RESUME
PETA SINGKATILMU-ILMU SOSIAL
Paradigma ilmu sosial adalah suatu word view yang digunakan oleh suatu komunitas ilmuan .
*      Crotty (1994) itu dibagi menjadi lima paradigma dalam teori ilmu sosial yaitu:  positivism,interpretivism,critical inquiry,fenism,and postmodernism
Perbedaan paradigma ilmu sosial
1.      Pradigma klasik
Menganalogika  ilmu sosial seperti ilmu sosial. Mempergunakan deductive logic dan pengamatan emperis, guna secara probabilistik menemukan atau memperoleh konfirmasi tentang hukum sebab akibat yang bisa dipergunakan untuk memprediksi pola-pola umum gejala sosial tertentu
Ada kata” KETIKA TUHAN ambil sesuatu dari pada genggamanmu, sadarlah bahwa dia hanya buka tanganmu untuk menerima sesuatu yang lebih baik,
Maksud dari kata-kata diatas adalah sesuatu yang ingin diperoleh akan tetapi selalu gagal dan di balik itu ada akan ada penggantinya yang lebih baik lagi.
2.      Pradigma konstruktivis
Memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis terhadap tindakan yang secara sosial penuh makna(socially meaningful action)
Contohnya: Seperti anak di cina dia diajarkan untuk memakai pakaian adat nya sendiri biar terbiasa dengan adatnya.
3.      Paradigma kritis
Mendefinisikan para ilmu sosial sebagai suatu proses yang secara kritis berusaha mengungkapkan the real structures.
Contonya: merokok menyebabkan serangan jantung,kangker,impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.
Tugas kelompok
SOAL:
1.      Buatlah media sosial (spanduk,tulisan,banner dll) yang mana disitu tertera ajakan untuk kebaikan,kemudian bagikan untuk aplikasikan kemasyarakat sekitar
2.      Dokumentasikan kegiatan anda masing-masing
Jawab
1.       



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MAZHAB HISTORIS

Soal-soal pilihan ganda pedoman umum ejaan bahasa indonesia

MAKALAH PENGANTAR BISNIS