TUGAS PENGANTAR ILMU SOSIAL
Tugas
pengantar
ilmu sosial
Dosen
Pengampu :Yusriyanto sholeh,M.Pd
Di
Susun Oleh:
Aisyatur robiah : 1622211006
SEKOLAH TINGGI
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN AJARAN 2016/2017
Pertemuan
1 : Selasa
26september 2017
Kontrak kuliah
Pertemuan
2 : Selasa
03 oktober 2017
TUGAS
RESUME
HAKIKAT
ILMU
Dasar epitimologis ilmu
( ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui proses metode keilmuan).
“Rasionalisme”
Ide kebenaran yang menjadi pengetahuan di peroleh dari logika
“Empirisme”
pengetahuan dapat mealui pengalaman
“metode
keilmuan” gabungan dari Rasionalisme dan Empirisme,ide sesorang di uji
kebenarannya dilapangan.
Dasar
aksiologi ilmu
Ada ilmu,manusia itu ada sifat (buruk/baik)
Struktur dan peranan ilmu
Fakta
(kenyataan)
Konsep
(rancangan)
Generalisasi
(hubungan/dua konsep dijadikan satu
Teori
( sebuah pendapat / asumsi yang sudah di
uji
TIDAK
ada tugas
Pertemuan
3 : selasa
10 oktober 2017
Diisi ibu ika lis mariatun membahas tentang ruang
lingkup sosial
Pertemuan
4 : selasa
17 Oktober 2017
RESUME
KONSEP
DAN HAKIKAT PEMBELAJARAN IPS
Pengertian
IPS
adalah bahan kajian yang terpadu yang merupakan
penyederhanaan, adaptasi seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsep-konsep
dan keterampilan-keterampilan sejarah,geografis,sosiologi,antropologi,dan
ekonomi.
Prinsip
IPS
Integrasidaninterelasidariberbagaicabangilmu-ilmusosialdalammenelaahgejaladanmasalahsosial
yang terjadi di masyarakat
Realitasdanfenomenasosial yang
dirumuskan/diorganisasikandenganpendekataninterdisiplinerdariaspekdancabang-cabang
Tujuan
pembelajaran IPS
v Membentukpesertadidik
o
Menjadiwarganegara
yang baik
o
Mampuberfikiruntukmemahami,
menyikapi, beradaptasi, danmemecahkanmasalahsosial
o
Memahami,
mewarisidanmengembangkankebudayaanbangsa Indonesia
v KompetensiDasar: Pernyataan minimal tentangPengetahuan,ketrampilan,
sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak setelah siswa
menyelesaikan
suatu
aspek
atau
sub
aspek
mata
pelajaran
tertentu
Soal:
1.
Apa perbedaan pembelajaran ekspository Vs inquiry, yang paling
gampang di terapkan dimadura?
2.
Apa pengertian kelas Dominatif Vs kelas Integratif ?
Jawab
1.
Pembelajaran ekspository adalah metode pembelajaran yang menekankan kepada
proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok
siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pembelajaran secara
optimal.
Pembelajaran inquiry merupakan rangkaian kegiatan
pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis untuk
mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.
Perbedaannya pembelajaran ekspository dan
pembelajaran inquiry I yaitu:
Ekspository
: metode pembelajarannya menekankan dan proses penyampaiannya secara verbal,
dan siswanya agar bisa menguasai materi pelajaran secara optimal
Inquiry
: metode pembelajarannya tidak di berikan secara langsung dan siswanya berperan
mencari dan menemukan sendiri pelajaran , sedangkan gurunya berperan sebagai
pembingbimh siswa untuk belajar.
2.
Dominatif Vs integratif
Dominatif Berkaitan
dengan posisi guru sebagai sumber kebenaran, yang dipandang maha tau, tokoh
penentu benar salah, dalam hal ini murid dianggap sebagai makhluk yang
senantiasa harus dibimbing dan diarahkan oleh guru. Sebaliknya integratif berkaitan dengan posisi guru
sebagai sumber motivasi dan inspirasi bagi peserta didik, tidak diskriminatif
apapun latar belakang peserta didik, dalam hal murid didorong untuk mencari
sendiri pengetahuan dan kebenarannya.
Pertemuan
5 :Selasa
24 oktober 2017
TUGAS
RESUME
MANUSIA
RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL
1.
Manu(sansekerta)=
berakal budi/pekerti
2.
Manusia adalah ciptaan Allah SWT yang paling sempurna
MASALAH-MASALAH
SOSIAL
Yang termasuk faktor
psikologis yaitu:
Faktor ekonomi
Faktor budaya
Faktor biologis
Hakikat hidup
manusia
1. Mahluk
tuhan
2. Makhluk
individu
3. Makhluk
sosial buday
SOAL:
1.
Berikan 3 contoh fenomina sosial yang
anda alami sendiri dan dikaitkan dengan ilmu sosial ?
2.
Setelah anda melihat video tersebut,
apakah yang bisa anda simpulkan ? jelaskan apakah anda pernah mengalami
fenomena seperti di video tersebut ? jelaskan
Jawab
1.
a. Hari
ini Saya berangkat kuliah naik bus mini, didalam bus tersebut saya berinteraksi
dengan orang-orang yang sebelumnya tidak saya kenal, salah satu penumpang bus
tersebut berasal dari kabupaten pamekasan dia menceritakan asal usul kabupaten
pamekasan.
b. Setiap
hari senin jadwal kuliah saya sampai jam 13.00 siang, keadaan tersebut memaksa
saya pulang walaupun cuacanya sangat panas perjalanan dari kampus ke rumah saya
menghabiskan berkisar 1 jam dengan ongkos Rp.5000;
c. Suatu
liburan semester saya pergi kebali menemui saudara di sana berbeda dengan di
madura cuaca di bali lebih dingin dan lebih sejuk di bandingkan dengan madura.
2. Seorang
ibu yang berusaha untuk membahagiakan anaknya dengan cara memberi apa yang dia
punya, dan sang ibu rela hidup dengan sendirinya tanpa anaknya. Dan di kemudian
hari anak tersebut menemui ibunya dan meminta pertolongan untuk membangun rumah
tangga nya sendiri dan pergi meninggalkan ibunya lagi, sekian lama anak
tersebut kembali lagi untuk kembali bersama ibu sampai dia sama kembali, dan
kata si anak lindungilah dia semasa diamelindungiku sejak kecilnya.
Dan saya tidak ada fenomena tersebut,
terimakasih
Pertemuan
6 : Selasa
31 oktober 2017
TUGAS
RESUME
PETA
SINGKATILMU-ILMU SOSIAL
Paradigma
ilmu sosial adalah suatu word view yang digunakan oleh
suatu komunitas ilmuan .
Perbedaan
paradigma ilmu sosial
1. Pradigma
klasik
Menganalogika ilmu sosial seperti ilmu sosial. Mempergunakan
deductive logic dan pengamatan emperis, guna secara probabilistik menemukan
atau memperoleh konfirmasi tentang hukum sebab akibat yang bisa dipergunakan
untuk memprediksi pola-pola umum gejala sosial tertentu
Ada
kata” KETIKA TUHAN ambil sesuatu dari pada genggamanmu, sadarlah bahwa dia
hanya buka tanganmu untuk menerima sesuatu yang lebih baik,
Maksud dari kata-kata diatas adalah
sesuatu yang ingin diperoleh akan tetapi selalu gagal dan di balik itu ada akan
ada penggantinya yang lebih baik lagi.
2.
Pradigma konstruktivis
Memandang
ilmu sosial sebagai analisis sistematis terhadap tindakan yang secara sosial
penuh makna(socially meaningful action)
Contohnya:
Seperti anak di cina dia diajarkan untuk memakai pakaian adat nya sendiri biar
terbiasa dengan adatnya.
3.
Paradigma kritis
Mendefinisikan
para ilmu sosial sebagai suatu proses yang secara kritis berusaha mengungkapkan
the real structures.
Contonya:
merokok menyebabkan serangan jantung,kangker,impotensi dan gangguan kehamilan
dan janin.
Tugas kelompok
SOAL:
1.
Buatlah media sosial
(spanduk,tulisan,banner dll) yang mana disitu tertera ajakan untuk
kebaikan,kemudian bagikan untuk aplikasikan kemasyarakat sekitar
2.
Dokumentasikan kegiatan anda
masing-masing
Jawab
1.
Komentar
Posting Komentar