TUGAS BELAJAR PEMBELAJARAN
Tugas
BELAJAR PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu :Yusriyanto sholeh,M.Pd
Di
Susun Oleh:
Aisyatur
robiah : 1622211006
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN AJARAN 2016/2017
Pertemuan 1 : Kamis
28 september 2017
KOSONG GAK ADA YANG NGISI
Pertemuan 2 : kamis 05 oktober 2017
Bapak
gak masuk,cuman ngasih tugas
TUGAS
SOAL
1. Jelaskan
beberapa perubahan pendidikan yang anda alami sampai saat ini?
2. Jelaskan
menurut anda mengapa pendidikan di pembelajaran dikatakan sebagai pilar
pendidikan?
Jawab
1. Perubahan
pendidikan pada saat ini yaitu, perubahan pendidikan yang menempatkan manusia
sebagai sumber daya yang utuh memberikan arah kebijakan mendasar dalam
meletakkan kerangka bagi pembangunan pendidikan masa mendatang.
Perubahan-perubahan pandangan ini berimplikasi terhadap terjadinya perubahan cara
pandang bahkan perubahan konsep dalam memaknai eksistensi(muncul,ada,timbul,memiliki
keberadaan aktual), prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan pembelajaran.
2. Karena,
pilar pendidikan merupakan misi dan tanggung jawab yang harus di emban oleh
pendidikan. Melalui kegiatan belajar mengetahui,belajar berbuat, belajar hidup
bersama dan belajar menjadi seseorang atau belajar menjadi diri sendiri yang
didasari keinginan secara sungguh-sungguh maka akan semakin luas wawasan
seseorang tentang pengetahuan, tentang nilai-nilai positif,tentang orang lain
serta tentang berbagai dinamika perubahan yang terjadi. Dan juga pilar pendidikan itu harus
mewujudkan manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa &
berakhlak mulia. Serta mempunyai strategi pembangunan pendidikan nasional,
khususnya tentang pelaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia.
Pertemuan 3 : kamis
12 oktober 2017
RESUM-TUGAS
PENDIDIKAN ANTISIPASI DAN INOVASI
Tiga
era mutakhir
1. Era
industri
2. Era
informasi
3. Era
kontekstual
Lima
hal yang kita butuhkan agar sukses yaitu:
1. Karakter
2. Kreatif
3. Kompetensi
4. Komunikasi
5. Kepercayaan
diri
SOAL
1. Apa
pengertian eksponensial itu?
Jawab
1. Fungsi
eksponensial
memiliki satu arti. Fungsi eksponensial berasal dari kata fungsi
. fungsi eksponensial memiliki arti dalam bidang ilmu matematika, dasar fungsi bidang matematika( jenis,kelas,ragam,lain),
arti : berarti fungsi matematis yang
di dalamnya terdapat suatu variabel bebas yang muncul dalam salah satu
eksponen.
Pertemuan 4 :,kamis,19 oktober 2017
Bapak
tidak masuk di ganti minggu depan
Pertemuan 5 : kamis, 26 oktober
2017 (dua materi digabung dengan minggu lalu yang kosong pada tgl,19 oktober
2017)
TUGAS RESUME
STANDAR
KOMPETENSI
A.
Belajar
Belajar
merupakan
aktivitas
kearah
perubahan
tingkah
laku
melalui
interaksi
aktif
individu
terhadap
lingkungan (pengalaman)
·
Ciri-ciri
belajar
1.
Dari
segi belajar
a.
Adanya
aktifitas
(fisik,mental,emosional)
b.
Melibatkan
unsure
lingkungan
c.
Bertujuan
kearah
terjadinya
perubahan
tingkah
laku (behavioral changes)
2.
Dari
segi hasil
a.
Bersifat
relative
tetap
b.
Diperoleh
melalui
usaha
B.
Mengapa
perlu
belajar
1.
Potensi
manusia
bersifat laten dan terbuka atau dinamis
2.
Pertumbuhan
dan
perkembangan
C.
Pembelajaran
Adalah penyediaan system lingkungan yang mengakibatkan
terjadinya proses belajar
pada
diri
sendiri
Ciri-ciri pembelajaran
o
Adanya
unsur guru
o
Adanya
unsur
siswa
o
Adanya
aktifitas guru dan
siswa
o
Adanya
interaksi
antar guru-siswa
o
Bertujuan
kearah
perubahan
o
Proses
dan tujuan
anggota program
Mengapa
perlu
pembelajaran?
o
Peristiwa
belajar
tidak
selalu
terjadi
atas
inisiatif
diri
individu
o
Individu
memerlukan
bantuan
untuk
mengembangkan
potensi yang ada
pada
dirinya
o
Perlunya
lingkungan
yang kondusif
guna
mencapai
perkembangan
individu
secara optimal
D.
Faktor-faktor
apa
saja yang mempengaruhi
proses dan hasil belajar-pembelajaran?
o
Guru
o
Siswa
o
Tujuan
o
Materi
o
Instrumental
o
Lingkungan
E.
Faktor
guru
Kondisifisik
o
Kondisi
kesehatan
fisik
secara
umum
o
Kondisi
fungsi
inderawi
Kondisi psikis
o
Suasana
kejiwaan
o
Kompotensi
paedagogis,kepribadian,sosial,profesional
F.
Faktor
siswa
Kondisi
fisik
o
Kondisi
kesehatan
fisik
secara
umum
o
Kondisi
fungsi
inderawi
Kondisi
psikis
o Bakat,minat,kemampuan,motivasi
G.
Faktor
tujuan
o Kejelasan
o Urgensi/kepentingan
o Tingkat kesulitan
o Kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa
H.
Faktor
materi
o
Kejelasan
o
Kemenariakan
o
Sistematika
o
Jenismateri
I.
Faktor
lingkungan
Faktor fisik
o
Suhu
dan
kelembapan
udara
Lingkungan
sosial
o
Lingkungan
sosial
o
Manusia
o
Representasi
manusia
Soal
1.
Bentuk kelompok dengan anggota 4
orang (bebas), amati interaksi manusia dipasar ki lemah duwur dipagi Hari
(04.00-06.00 WIB). Cari 10 aktifitas terpadat (jual-beli), mengapa mereka
melakukan hal tersebut di lokasi terpadat ?
2.
Documentasikan berupa foto atau
video aktivitas anda
Jawab
- Karena
jual-beli di pasar harganya bisa dikatakan murah, jauh berbeda dengan
harga yang ada di minimarket, mall dll, dan bisa tawar menawar antara
pembeli dan penjualnya. Dan begitu juga di dalam pasar ki lema duwur
tersebut sangat bnyak para penjual dan pengunjung nya.
Pertemuan 6 :Kamis 02 november 2017
TUGAS RESUME
TUJUAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Apa
yang dimaksud dengan tujuan belajar pembelajaran merupakan perilaku yang di
harapkan dapat dicapai siswa sehubungan dengan aktivitas belajar pembelajaran
dilakukan.
Apa
urgensi penetapan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran?
Sangat
penting, karena sebagai dasar dalam : menyusun alat/instrumen
evaluasi,menentukan materi yang diperlukan, memilih dan menentukan sarana (alat
pelajaran,alat peraga,media)yang diperlukan,memilih dan menentukan metode-metode belajar pembelajaran yang
diperlukan.
Jenis tujuan dalam belajar
1. Tujuan
kurikurel(standart kompetensi)
2. Tujuan
pembelajaran umum(kompetensi dasar)
3. Tujuan
pembelajaran khusus(indikator)
Jenis-jenis prilaku yang menjadi
dasar dalam penentuan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran meliputi apa
saja?
1. Perilaku
ranah kognitif
2. Perilaku
ranah afektif
3. Perilaku
ranah psikomotor
Perilaku ranah kognitif
Terdiri
dari 6 perilaku:
a. Pengetahuan
(kemampuan mengingat dan mengenal suatu objek)
b. Pemahaman
(kemampuan menangkap makna suatu objek)
c. Penerapan
(kemampuan menerapkan dalam situasi yang baru atau konkrit)
d. Analisa
(kemampuan menguraikan suatu kesatuan kedalam bagian-bagian)
e. Sintesis
(kemampuan mengintegrasikan bagian-bagian kedalam satu kesatuan)
f. Evaluasi
(kemampuan melakukan penilaian terhadap suatu objek tertentu)
Perilaku ranah afektif
Tediri dari 5 prilaku
a. Penerimaan
(adanya kesadaran dan perhatian terhadap stimulan yang datang)
b. Partisipasi
(memberikan tanggapan secara verbal ataupun tindakan)
c. Penilaian
dan penentuan ( penyesuaian diri sendiri dengan penilaian yang telah di
lakukan)
d. Organisasi
(menghubungkan antara nilai menjadi suatu sistem nilai)
e. Pembentukan
pola hidup (menjadikan sistem nilai sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam
kehidupannya)
Perilaku ranah psikomotor
Adalah
perilaku yang menyangkut aspek keterampilan atau gerakan.perilaku ranah
psikomotor terdiri 7 perilaku:
a. Persepsi
(kemampuan mengenal objek motorik dengan panca indra)
b. Kesiapan
(mempersiapkan diri untuk melakukan suatu gerakan)
c. Gerakan
terbimbing (kemampuan melakukan gerakan dengan mengikuti contoh)
d. Gerakan
terbiasa (melakukan gerakan tanpa contoh)
e. Gerakan
kompleks ( melakukan serangkalan gerakan secara tepat,lancar,luas)
f. Penyesuaian
pola gerakan (kemampuan menyesuaikan gerakan dengan situasi dan kondisi yang
dihadapimya)
g. Pencipta
pola gerakan (kemampuan membuat pola gerakan baru)
TUGAS
1. Buatlah
3 contoh kegiatan yang dilakukan secara Afektif, Spikomotorik dan Kognitif,
amati objek disekitar anda!
JAWAB
1. Contoh afektif
-
Perasaan mencintai seseorang (sudah
melibatkan emosi)
-
Kepercayaan terhadap seseorang
-
Perasaan muncul ketika seseorang itu
mencurigakan
2. contoh kognitif
-
kemampuan untuk menilai cantik atau
tidak
-
membandingkan temen sendiri dengan orang
lain
-
memilih mana baik dan buruk
3. contoh spikomotorik
-
toni bisa memainkan piano
-
kita bisa mengatur waktu buat
beraktivitas sehari-hari
-
kita bisa mendesains atau berkarya dengan menggambar
motif batik
Komentar
Posting Komentar