TUGAS BELAJAR PEMBELAJARAN

Tugas
BELAJAR PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu :Yusriyanto sholeh,M.Pd




Di Susun Oleh:
Aisyatur robiah           : 1622211006


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI
BANGKALAN
TAHUN AJARAN 2016/2017

Pertemuan 1 : Kamis 28 september 2017
KOSONG GAK ADA YANG NGISI
Pertemuan 2 : kamis 05 oktober 2017
Bapak gak masuk,cuman ngasih tugas
TUGAS
SOAL
1.      Jelaskan beberapa perubahan pendidikan yang anda alami sampai saat ini?
2.      Jelaskan menurut anda mengapa pendidikan di pembelajaran dikatakan sebagai pilar pendidikan?
Jawab
1.      Perubahan pendidikan pada saat ini yaitu, perubahan pendidikan yang menempatkan manusia sebagai sumber daya yang utuh memberikan arah kebijakan mendasar dalam meletakkan kerangka bagi pembangunan pendidikan masa mendatang. Perubahan-perubahan pandangan ini berimplikasi terhadap terjadinya perubahan cara pandang bahkan perubahan konsep dalam memaknai eksistensi(muncul,ada,timbul,memiliki keberadaan aktual), prinsip-prinsip dan pendekatan-pendekatan pembelajaran.
2.      Karena, pilar pendidikan merupakan misi dan tanggung jawab yang harus di emban oleh pendidikan. Melalui kegiatan belajar mengetahui,belajar berbuat, belajar hidup bersama dan belajar menjadi seseorang atau belajar menjadi diri sendiri yang didasari keinginan secara sungguh-sungguh maka akan semakin luas wawasan seseorang tentang pengetahuan, tentang nilai-nilai positif,tentang orang lain serta tentang berbagai dinamika perubahan yang terjadi.  Dan juga pilar pendidikan itu harus mewujudkan manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa & berakhlak mulia. Serta mempunyai strategi pembangunan pendidikan nasional, khususnya tentang pelaksanaan pendidikan agama serta akhlak mulia.
Pertemuan 3 : kamis 12 oktober 2017
RESUM-TUGAS
PENDIDIKAN ANTISIPASI DAN INOVASI
Tiga  era mutakhir
1.      Era industri
2.      Era informasi
3.      Era kontekstual
Lima hal yang kita butuhkan agar sukses yaitu:
1.      Karakter
2.      Kreatif
3.      Kompetensi
4.      Komunikasi
5.      Kepercayaan diri
SOAL
1.      Apa pengertian eksponensial itu?
Jawab
1.      Fungsi eksponensial memiliki satu arti. Fungsi eksponensial berasal dari kata  fungsi . fungsi eksponensial memiliki arti dalam bidang ilmu matematika, dasar fungsi bidang matematika( jenis,kelas,ragam,lain), arti : berarti fungsi matematis yang di dalamnya terdapat suatu variabel bebas yang muncul dalam salah satu eksponen.



Pertemuan 4 :,kamis,19 oktober 2017
Bapak tidak masuk di ganti minggu depan
Pertemuan 5 : kamis, 26 oktober 2017 (dua materi digabung dengan minggu lalu yang kosong pada tgl,19 oktober 2017)
TUGAS RESUME
STANDAR KOMPETENSI
A.    Belajar
Belajar merupakan aktivitas kearah perubahan tingkah laku melalui interaksi aktif individu terhadap lingkungan (pengalaman)
·         Ciri-ciri belajar
1.      Dari segi belajar
a.       Adanya aktifitas (fisik,mental,emosional)
b.      Melibatkan unsure lingkungan
c.       Bertujuan kearah terjadinya perubahan tingkah laku (behavioral changes)
2.      Dari segi hasil
a.     Bersifat relative tetap
b.    Diperoleh melalui usaha
B.     Mengapa perlu belajar
1.      Potensi manusia bersifat  laten dan terbuka atau dinamis
2.      Pertumbuhan dan perkembangan
C.     Pembelajaran
Adalah penyediaan system lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri sendiri
Ciri-ciri pembelajaran
o   Adanya unsur guru
o   Adanya unsur siswa
o   Adanya aktifitas guru dan siswa
o   Adanya interaksi antar guru-siswa
o   Bertujuan kearah perubahan
o   Proses dan tujuan anggota program
Mengapa perlu pembelajaran?
o   Peristiwa belajar tidak selalu terjadi atas inisiatif diri individu
o   Individu memerlukan bantuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya
o   Perlunya lingkungan yang kondusif guna mencapai perkembangan individu secara optimal
D.    Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses dan hasil belajar-pembelajaran?
o   Guru
o   Siswa
o   Tujuan
o   Materi
o   Instrumental
o   Lingkungan
E.     Faktor guru
Kondisifisik
o   Kondisi kesehatan fisik secara umum
o   Kondisi fungsi inderawi
Kondisi psikis
o  Suasana kejiwaan
o  Kompotensi paedagogis,kepribadian,sosial,profesional
F.      Faktor siswa
Kondisi fisik
o   Kondisi kesehatan fisik secara umum
o   Kondisi fungsi inderawi
              Kondisi psikis
o  Bakat,minat,kemampuan,motivasi
G.    Faktor tujuan
o  Kejelasan
o  Urgensi/kepentingan
o  Tingkat kesulitan
o  Kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa
H.    Faktor materi
o   Kejelasan
o   Kemenariakan
o   Sistematika
o   Jenismateri
I.       Faktor lingkungan
Faktor fisik
o   Suhu dan kelembapan udara
                        Lingkungan sosial
o   Lingkungan sosial
o   Manusia
o   Representasi manusia
TUGAS KELOMPOK
Soal
1.      Bentuk kelompok dengan anggota 4 orang (bebas), amati interaksi manusia dipasar ki lemah duwur  dipagi Hari (04.00-06.00 WIB). Cari 10 aktifitas terpadat (jual-beli), mengapa mereka melakukan hal tersebut di lokasi terpadat ?
2.      Documentasikan berupa foto atau video aktivitas anda
Jawab
  1. Karena jual-beli di pasar harganya bisa dikatakan murah, jauh berbeda dengan harga yang ada di minimarket, mall dll, dan bisa tawar menawar antara pembeli dan penjualnya. Dan begitu juga di dalam pasar ki lema duwur tersebut sangat bnyak para penjual dan pengunjung nya.
  2.  

Pertemuan 6 :Kamis 02 november 2017
TUGAS RESUME
TUJUAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Apa yang dimaksud dengan tujuan belajar pembelajaran merupakan perilaku yang di harapkan dapat dicapai siswa sehubungan dengan aktivitas belajar pembelajaran dilakukan.
Apa urgensi penetapan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran?
Sangat penting, karena sebagai dasar dalam : menyusun alat/instrumen evaluasi,menentukan materi yang diperlukan, memilih dan menentukan sarana (alat pelajaran,alat peraga,media)yang diperlukan,memilih dan menentukan  metode-metode belajar pembelajaran yang diperlukan.
Jenis tujuan dalam belajar
1.      Tujuan kurikurel(standart kompetensi)
2.      Tujuan pembelajaran umum(kompetensi dasar)
3.      Tujuan pembelajaran khusus(indikator)
Jenis-jenis prilaku yang menjadi dasar dalam penentuan dan perumusan tujuan belajar pembelajaran meliputi apa saja?
1.      Perilaku ranah kognitif
2.      Perilaku ranah afektif
3.      Perilaku ranah psikomotor
Perilaku ranah kognitif
Terdiri dari 6 perilaku:
a.       Pengetahuan (kemampuan mengingat dan mengenal suatu objek)
b.      Pemahaman (kemampuan menangkap makna suatu objek)
c.       Penerapan (kemampuan menerapkan dalam situasi yang baru atau konkrit)
d.      Analisa (kemampuan menguraikan suatu kesatuan kedalam bagian-bagian)
e.       Sintesis (kemampuan mengintegrasikan bagian-bagian kedalam satu kesatuan)
f.       Evaluasi (kemampuan melakukan penilaian terhadap suatu objek tertentu)
Perilaku ranah afektif
 Tediri dari 5 prilaku
a.       Penerimaan (adanya kesadaran dan perhatian terhadap stimulan yang datang)
b.      Partisipasi (memberikan tanggapan secara verbal ataupun tindakan)
c.       Penilaian dan penentuan ( penyesuaian diri sendiri dengan penilaian yang telah di lakukan)
d.      Organisasi (menghubungkan antara nilai menjadi suatu sistem nilai)
e.       Pembentukan pola hidup (menjadikan sistem nilai sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupannya)
Perilaku ranah psikomotor
            Adalah perilaku yang menyangkut aspek keterampilan atau gerakan.perilaku ranah psikomotor terdiri 7 perilaku:
a.       Persepsi (kemampuan mengenal objek motorik dengan panca indra)
b.      Kesiapan (mempersiapkan diri untuk melakukan suatu gerakan)
c.       Gerakan terbimbing (kemampuan melakukan gerakan dengan mengikuti contoh)
d.      Gerakan terbiasa (melakukan gerakan tanpa contoh)
e.       Gerakan kompleks ( melakukan serangkalan gerakan secara tepat,lancar,luas)
f.       Penyesuaian pola gerakan (kemampuan menyesuaikan gerakan dengan situasi dan kondisi yang dihadapimya)
g.      Pencipta pola gerakan (kemampuan membuat pola gerakan baru)



TUGAS
1.      Buatlah 3 contoh kegiatan yang dilakukan secara Afektif, Spikomotorik dan Kognitif, amati objek disekitar anda!
JAWAB
1.      Contoh afektif
-          Perasaan mencintai seseorang (sudah melibatkan emosi)
-          Kepercayaan terhadap seseorang
-          Perasaan muncul ketika seseorang itu mencurigakan
2.      contoh kognitif
-          kemampuan untuk menilai cantik atau tidak
-          membandingkan temen sendiri dengan orang lain
-          memilih mana baik dan  buruk
3.      contoh spikomotorik
-          toni bisa memainkan piano
-          kita bisa mengatur waktu buat beraktivitas sehari-hari

-          kita bisa  mendesains atau berkarya dengan menggambar motif batik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH MAZHAB HISTORIS

Soal-soal pilihan ganda pedoman umum ejaan bahasa indonesia

MAKALAH PENGANTAR BISNIS